Kumpulan Doa

Bacaan Doa Untuk Orang Meninggal

RADAD.ORGBacaan Doa Untuk Orang Meninggal

Bacaan Doa Untuk Orang Meninggal
Bacaan Doa Untuk Orang Meninggal

Salah satu adab terhadap orang yang sudah meninggal dunia baik laki-laki maupun perempuan adalah berbicara cara tentang sesuatu yang baik dari dirinya. Dan menutup rapat sesuatu yang berkaitan dengan aibnya.

Sebuah hadis yang terdapat dalam kitab Adzkar karya Imam Nawawi menerangkan:

“Dari Ummu Salamah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: Ketika kalian menyaksikan orang sakit atau meninggal maka berkatalah yang baik. Sesungguhnya malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan.”

Adab lainnya tentang orang yang sudah meninggal dunia adalah mendoakan kebaikan untuk dirinya.

Doa untuk orang meninggal dunia

Berikut ini adalah bacaan doa ketika ada orang yang meninggal dunia:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

Bacaan latin:

Allahummaghfirli wa la hu (ha) wa’qibni min hu (ha) ‘uqbaa hasanah

Artinya

“Ya Allah, ampuni diriku dan dia dan berikan kepadaku darinya pengganti yang baik.”

Catatan

Perlu diperhatikan bahwa kata ganti atau dhomir dalam bacaan doa tersebut harus diganti sesuai dengan jumlah atau jenis kelamin orang yang meninggal dunia.

Jika yang meninggal adalah wanita maka bacaan ” wa la hu” diganti menjadi “wa la ha”.

Jika yang meninggal jumlahnya 2 orang maka bacaan ” wa la hu” diganti menjadi “wa la hu ma”.

Jika yang meninggal dunia jumlahnya 3 orang atau lebih dari jenis kelamin lelaki maka bacaan ” wa la hu” diganti menjadi “wa la hum”.

Dan jika yang meninggal dunia jumlahnya 3 orang atau lebih dari jenis kelamin perempuan maka bacaan ” wa la hu” diganti menjadi “wa la hunna”.

Bacaan doa diatas adalah merujuk kepada riwayat dari Ummu Salamah saat beliau mengadu kepada Rasulullah dan berkata: wahai Rasulullah, Abu Salamah telah meninggal dunia.

Dan Rasulullah bersabda: ucapkanlah “Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqbaa hasanah” 

(Ya Allah, ampunilah aku dan dia, dan berikanlah kepadaku darinya pengganti yang baik)”.’

Dan Ummu Salamah berkata adalah bahwa aku membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah. Dan setelah itu, aku diberikan ganti yang lebih baik oleh Allah yakni Rasulullah.

Bacaan doa diatas adalah bacaan doa kepada orang yang telah meninggal dunia dengan redaksi bacaan yang singkat.

Ada bacaan doa kepada orang yang telah meninggal dengan redaksi yang lain dan sudah sangat populer sebagai bacaan umat saat ada yang meninggal dunia.

Pada artikel ini, kami hanya menulis dua model kata ganti saja yaitu kata ganti untuk laki-laki dan kata ganti untuk perempuan.

Doa Untuk Orang Meninggal Laki-Laki

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Bacaan latin:

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

“Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Doa Untuk Orang Meninggal Perempuan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Bacaan latin:

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

“Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Setiap jenazah dalam kubur pastilah menunggu setiap saat doa dari anak yang sholeh.

Doa tersebut akan sangat bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk orang tua yang sudah berada dalam kuburan.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi:

“Apabila seorang manusia meninggal, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga; yakni sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak saleh yang mendoakannya”.

Adapun redaksi bacaan doa untuk kedua orang tua baik masih hidup maupun telah meninggal dunia yaitu:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا 

Bacaan Latinnya:

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya:

“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Demikian saja artikel kami tentang Bacaan Doa Untuk Orang Meninggal. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker