Bahasa

Bismillah Dalam Bahasa Arab

RADAD.ORGBismillah Dalam Bahasa Arab

Bismillah Dalam Bahasa Arab
Bismillah Dalam Bahasa Arab

Pada artikel kali ini, admin akan menulis tentang tulisan basmalah atau Bismillahirrohmanirrohim dalam bahasa Arab.

Menurut pantauan admin pada pencarian Google bahwa sangat banyak netizen yang mencari tulisan Arab Bismillahirohmanirohim disertai dengan arti dan tulisan latinnya.

Hal ini sangatlah wajar sebab banyak generasi milenial sekarang yang tidak mampu menulis aksara Arab.

Alasan lain juga banyak yang malas menulis atau mengetik. Sehingga alternatif yang dipilih adalah mencari di Google tulisan bismillahirohmanirohim untuk di copy dan di paste di tempat yang perlu.

Ada sebahagian yang mampu menulis bahasa Arab tetapi perangkat yang digunakan seperti HP atau laptop ternyata tidak mendukung tulisan dan bahasa Arab. Sehingga alternatif yang dipilih adalah searching di Google.

Oleh sebab itu, kali ini admin akan membantu menyajikan tulisan Basmalah dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya.

Tulisan Arab bismillah

Berikut ini adalah tulisan Bismillah Dalam Bahasa Arab lengkap dengan baris, tulisan latin dan artinya.

ِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Bismillahirrahmanirrahim

Artinya, “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Tulisan Bismillah Variasi

Jika anda sedang mencari tulisan Arab bismillah yang bisa di copy untuk berbagai keperluan, di bawah ini adalah tulisan bismillah dalam berbagai versi.

Tulisan bismillah tanpa baris

بسم الله الرحمن الرحيم

Tulisan bismillah disertai baris

ِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Tulisan bismillah panjang

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Tulisan bismillah Bulan Bintang

﷽☪

Tulisan bismillah bunga

꧁﷽⸙bismillah⸙﷽꧂

Tulisan bismillah diapit

ゑ⎛⎝﷽⎠⎞ゑ

Tulisan bismillah unik code

Gambar kaligrafi bismillah

Hadis hadis keutamaan membaca basmalah

Imam Sayuti Pengarang kitab lubabul Hadits menyebutkan banyak hadits tentang keutamaan Bismillah dalam kitab nya.

Berikut ini adalah 10 hadis yang terdapat dalam kitab lubabul hadits karya Imam Sayuti

Dijauhkan dari ghibah dan fitnah

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذا جَلَسْتُمْ مَجْلِسا فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى الله عَلَى سِيِّدِنا محمدٍ وَعَلى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم فإنَّ مَنْ فَعَلَ ذالكَ وَكَّلَ الله بِهِ مَلَكا يَمْنَعَهُمْ مِنَ الغَيبةِ حَتَّى لا يَغْتَابُوكُمْ}.

Nabi bersabda, “Jika kalian duduk di suatu tempat, maka ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ala sayyidina Muhammad wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihi wa sallam, maka sungguh siapa yang melakukan itu, Allah akan mewakilkan dengannya seorang malaikat yang akan mencegah mereka (manusia) dari bergosip sampai mereka tidak akan dapat memfitnah kalian.”

Diampunkan dosa yang telah lalu

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ غَفَرَ الله لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim maka Allah akan mengampuni dosanya (yang kecil-kecil) yang telah lalu.”

Dijauhkan dari fitnah

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذا قُمْتُمْ فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وصَحْبِهِ وَسَلَّمَ فإنَّ النَّاسَ إذا اغْتَابُوكُمْ يَمْنَعُهُمْ الملك عَنْ ذالِكَ}.

Nabi saw. bersabda, “Jika kalian berdiri maka ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ala sayyidina Muhammad wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam, sungguh manusia jika akan memfitnah kalian, maka malaikat akan mencegah mereka dari perbuatan itu.”

Dicatat sebagai orang yang baik

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ كُتِبَ اسْمُهُ مِنَ الأبْرَارِ وَبرِىءَ مِنَ الكُفْرِ والنفاقِ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim maka namanya akan ditulis sebagai orang-orang yang baik dan terbebas dari kekufuran dan kemunafikan.”

Hiasan Alquran

وقَالَ صلى الله عليه وسلم: {إنَّ الله سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى زَيَّنَ السَّمَاءَ بِالكَوَاكِب وَزَيَّنَ المَلائِكَةَ بِجِبْرِيلَ وَزَيَّنَ الجَنَّةَ بِالحُورِ وَالقُصُورِ، وَزَيَّنَ الأنْبِيَاءَ بِمُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم، وَزَيَّنَ الأيّامَ بِيَوْمِ الجُمُعَةِ، وَزَيَّنَ اللَّيَالِي بِلَيْلَةِ القَدْرِ، وَزَيَّنَ الشُّهُورَ بِشَهْرِ رَمَضَانَ، وَزَيَّنَ المساجدَ بالكَعْبَةِ، وَزَيَّنَ الكُتُبَ بِالقُرْآنِ، وَزَيَّنَ القُرْآنَ بِبِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ }.

Nabi saw. bersabda, “Sungguh Allah subhanahu wa ta’ala menghias langit dengan benda-benda langit (matahari, bulan, dan bintang-bintang) dan menghias malaikat dengan Jibril, menghias surga dengan bidadari dan istana-istana, menghias para nabi dengan nabi Muhammad saw., menghias hari-hari dengan hari Jum’at, menghias malam-malam dengan lailatul qadar, menghiasi (di antara) bulan-bulan dengan bulan Ramadhan, menghias masjid-masjid dengan Ka’bah, menghias kitab-kitab dengan Al-Qur’an, dan menghias Al-Qur’an dengan bismillahirrahmanirrahim.”

Keutamaan memanjangkan kalimat ar-rahman

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذَا كَتَبَ أحَدُكُمْ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ فَلْيَمُدَّ الرَّحْمانَ}.

Nabi saw. bersabda, “Jika salah satu dari kalian menulis bismillahirrahmanirrahim, maka hendaklah ia memanjangkan lafadz Ar-Rahmaan.”

Diampuni segala dosa

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ كَتَبَ بِسْمِ الله فَجَوَّدَ تَعْظِيما لله غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang menulis bismillah, lalu ia memperbagus (tulisannya) untuk mengagungkan Allah, maka dosanya (yang kecil) yang telah lalu dan yang akan datang akan diampuni.”

Dihapus dosa-dosa

وقالَ صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَرَّةً لَمْ يَبْقَ مِنْ ذُنُوبِهِ ذَرَّةٌ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim sekali maka tidak ada tersisa sedikitpun dari dosa-dosanya (yang kecil).”

Setara 400 kebaikan

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ أمَرَ الله تَعَالى الكِرَامَ الكَاتِبْينَ أن يَكْتُبُوا في دِيوَانِهِ أرْبَعْمَائَةِ حَسَنَةٍ}.

Nabi saw. bersabda, “Tidak ada dari seorang hamba yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali Allah ta’ala (Yang Maha Luhur) memerintahkan malaikat yang mulia pencatat amal untuk mencatat di buku catatannya empat ratus kebaikan.”

Menghancurkan setan

قال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ ذَابَ الشَّيْطَانُ كَما يَذُوْبُ الرَّصَاصُ عَلَى النَّارِ}.

Nabi saw. bersabda, “Tidak ada dari seorang hamba yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali setan hancur sebagaimana hancurnya timah di atas api.”

Demikian saja artikel kami tentang Bismillah Dalam Bahasa Arab. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker