Bahasa

Makna Kalimat Allahul Musta’an

RADAD.ORGMakna Kalimat Allahul Musta’an

Makna Kalimat Allahul Musta'an
Makna Kalimat Allahul Musta’an

Ucapan allahul musta’an begitu familiar sekarang yang di kalangan masyarakat.

Sebab kerap kali para penceramah terutama dai muda di berbagai media mengucapkan ucapan tersebut.

Tetapi ternyata banyak yang belum tahu makna dari ucapan allahul musta’an.

Ada beberapa kawan dan sahabat yang bertanya tentang arti allahul musta’an dan kapan penyebutan yang sebenarnya.

Pada artikel kali ini kami akan menulis tentang arti allahul musta’an, waktu penyebutannya hingga hikmah mengucapkannya.

Tulisan Arab allahul musta’an

اللَّهُ الْمُسْتَعَانُ

Allahul musta’aanu

Artinya, “Hanya Allah yang dimohon pertolongan-Nya.”

Arti Allahul Musta’an

Secara terjemahan bebas, ucapan Allahu musta’an dapat diartikan bahwa Allah lah tempat meminta pertolongan atau Allah adalah Dzat satu-satunya yang dimintai pertolongan.

Kata allahul musta’an adalah berasal dari bahasa Arab. Tetapi ucapkan allahul musta’an sudah di Indonesiakan.

Jika dirujuk lebih lanjut maka akan ditemukan bahwa ucapan allahul musta’an terdapat di dalam Alquran surat Yusuf ayat 18 :

وَجَآءُو عَلَىٰ قَمِيصِهِۦ بِدَمٍ كَذِبٍ ۚ قَالَ بَلْ سَوَّلَتْ لَكُمْ أَنفُسُكُمْ أَمْرًا ۖ فَصَبْرٌ جَمِيلٌ ۖ وَٱللَّهُ ٱلْمُسْتَعَانُ عَلَىٰ مَا تَصِفُونَ

Artinya,

Mereka datang membawa baju gamisnya (yang berlumuran) dengan darah palsu. Ya’qub berkata: “Sebenarnya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan (yang buruk) itu; maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah sajalah yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan”.

Ucapan allahul musta’an adalah ucapan Nabi Yakub saat anak-anaknya mengabarkan informasi palsu bahwa Nabi Yusuf telah tiada dimakan serigala.

Untuk meyakinkan berita dusta ini, anak-anak Nabi Yakub menampakan baju yang sudah dilumuri dengan darah kepada Nabi Yakub.

Melihat baju ini Nabi Yakub mengucapkan wallahul musta’an sebagai penyerahan hati beliau kepada Allah dan dan meminta pertolongan kepadanya.

Ada sesuatu keganjalan pada baju yang sudah dilumuri darah Yaitu tidak seperti lazimnya baju korban yang dimakan oleh serigala.

Maksud ucapan allahul musta’an

Ucapan allahul musta’an tidaklah mesti dibaca setiap hari. Meskipun demikian, mengucap allahul musta’an adalah bernilai kebaikan dan mendapatkan pahala.

Sebab dalam ucapan allahul musta’an terkandung makna pengakuan bahwa Allah lah satu-satunya Dzat yang mampu melindungi hamba-nya.

Wadah ucapan allahul musta’an terkandung makna penyerahan diri seorang hamba dan pengakuan bahwa dirinya bukanlah siapa-siapa bahkan untuk melindungi dirinya saja tidak mampu.

Ucapan allahul musta’an akan bernilai ibadah jika diniatkan seperti ini. Adapun ucapan dan mengetahui maknanya maka tidak dianggap sebagai ibadah.

Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui arti dari setiap ucapan dalam bahasa lain yang kita ucapkan.

Waktu pengucapan allahul musta’an

Pada dasarnya, ucapan allahul musta’an dapat diucapkan kapan saja.

Tapi apabila ditelaah tentang kisah Nabi Yakub maka pengucapan allahul musta’an paling cepat adalah saat sedang mengalami hal berat atau ujian besar.

Bagi orang yang mengucap ucapan allahul musta’an, terkesan dirinya sedang bersabar saat menghadapi ujian berat dari Allah.

Dan inilah perintah Allah bagi hambanya yang sedang diuji. Sebagaimana Allah Nyatakan kepada Nabi Yakub dengan firmannya “Fa Sabrun Jamil” (bersabar itu lebih indah).

Sebagaimana dalam ayat lain Allah menegaskan bahwa ada dua cara cara meminta perlindungan dan bantuan Allah yaitu bersabar dan melaksanakan shalat.

Dalam surat al-baqarah ayat 153 Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya,

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya, Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Demikian saja artikel kami tentang Makna Kalimat Allahul Musta’an. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker